Taragasya's Blog

December 25, 2010

Reggae

Filed under: Uncategorized — taragasya @ 11:30 am

5 Album Reggae Terbaik tahun 2009 [versi Musik Pribumi]

4JAN

1. Tony Q Rastafara – Album Presiden
Sebuah album reggae yg sangat Indonesia, reggae pribumi.

Bukan hanya lirik lagu di album tsb yg mengusung isu-isu politik nasional – pas dgn momen hiruk pikuk pemilu 2009.

Tapi lebih jauh lagi album Presiden adl album yang tdk meninggalkan jejak apapun tentang musik Bob Marley sang Raja Musik Reggae. Album Presiden adl 100% cita rasa lokal.

Rilis dibawah naungan Tony Q Production, Album Presiden menjadi album reggae local yang paling dinanti. Rilis ketika momen-momen pemilu 2009 sedang mencapai titik klimaksnya, album Presiden adalah bentuk kritik dr musisi reggae terhadap pemerintahan negeri ini.

Simak saja lagu “Republik Sulap”, “Krisis Kepercayaan”, “Politik”, “Bla Bla Bla”, “Presiden” adalah bahasa kiritik dari seorang ikon musik reggae Indonesia dengan bumbu-bumbu alunan musik traditional bercampur spirit of reggae.

rangakian janjimu/selama ini/ternyata tak pernah terbukti/ramah di wajahmu/hanya sekedar/bagai topeng muka belaka. Kepalsuan demi kepalsuan coba kau tutupi dgn kepalsuan lainnya. Tanpa rasa bersalah, tanpa rasa menyesal, kau jual mimpi2 dan harga diri. Yoo Maann.


2. Ras Muhamad – Next Chapter
Rilis pada tgl 13 Agustus 2009 di Mario Place, Menteng Huis, album Next Chapter adl legitimasi musisi reggae global terhadap kualitas musik Ras Muhamad sbg Reggae Ambassador.

Berisi 13 lagu baru dari Ras Muhamad, Next Chapter adalah irama musik reggae tanah air dengan pesan-pesan perdamaian, persatuan, kritik sosial, hingga seruan-seruan perjuangan revolusioner dr seorang musisi Reggae Dance Hall yg juga dinobatkan sebagai “Best Reggae Act” oleh Rolling Stone Indonesia dan juga “Best Reggae Composition” oleh Anugerah Musik Indonesia melalui album pertamanya “Reggae Ambassador”.

3. Matisyahu – Light
Jauh sebelum rilis album “Light” pd tgl 25 Agustus 2009, Matisyahu telah muncul dgn lagu “I Will Be Light” membawa poster bertulisakn “free Aung San Suu Kyi – freedom for Burma”. Bergabung bersama musisi lain dlm kampanye “Free Burma Now”.

Dan beberapa minggu sblm penluncuran album terbarunya, Matisyahu melempar single “One Day”. An anthem for peace, sebuah lagu perdamian dr seorang Yahudi yg bangsanya tak pernah berhenti meng-invansi rakyat Palestina.

Alhasil, bulan Puasa kemarin adalah milik Matisyahu. Hampir setiap hari saya mendengarkan lagu2nya. Saya tidak Khatam membaca Al-Quran tapi saya Khatam mendengarkan album ‘Light’ dr Matisyahu. Dan rasa2nya saya tdk perlu mendapat hukuman pancung akan hal itu.

4. Alborosie – Escape From Babylon
Alborosie bisa dikatakan sbg Musisi Sufi, disaat karirnya bersama band reggae Italy – Reggae National Tickets – tengah berada di puncak, Alborosie justru memilih pergi dari Italy. Dia memutuskan pindah ke Jamaica, meninggalkan kesuksesan yg telah didapat bersama Reggae National Tickets.

Escape From Babylon, pergi dari Italian Babylon. Alborosie move to Zion – The Rastafarian Land. Kini Alborosie tinggal di sebuah tempat di Jamaica yang dia sebut sbg spiritual home. Di tempat itulah dia menelurkan karya-karya nya. “Escape From Babylon” adalah karya pertamanya sejak pindah ke Jamaica.

“My destiny was to follow a journey similar to the early days of many great talents and musical legends before me”. Demikian Alborosie mengatakan. Rilis pada 15 Juni 2009, dibawah label Greensleeves, album “Escape From Babylon” berisi 16 lagu.

5. Bob Marley – B is for Bob
Kalo kalian adl seorang Ibu dan Ayah yg anaknya masih nongkrong di kelas 5 SD, kalo kalian seorang kakak yg punya adik kelas 6 SD, kalo kalian adalah Om dan Tante yg punya keponakan masih sering ngompol, album dr sang legenda Reggae Bob Marley ini cocok untuk hadiah ulang tahun si kecil.

Kini kalian tak perlu riasu lagi krn Joshua telah beranjak remaja, dan menyanyikan lagu “Di Obok-Obok” dgn versi sedikit nakal ala remaja kota. Tak perlu gundah gelisah krn Dhea Trio Kwek-Kwek sudah paham apa itu ‘malam pertama’. Tak perlu khawatir krn si Agnes Monica makin hari makin bohay dia punya body dan si Bondan tak lagi menyanyikan ‘Si Lumba-Lumba’ tapi main Bas ala Flea ‘RHCP’ bawain lagu Kroncong Protol.

Album B Is For Bob adalah koleksi lagu-lagu lawas Bob Marley yang dirilis ulang dgn aransemen baru yg ditujukan untuk anak2. Diproduseri oleh Ziggy Marley, album ini adalah album reggae for kids. Percayalah lagu2 di album ini sudah dipoles sedemikian rupa oleh Ziggy untuk mendapatkan kids atmosphere.

Simak saja lagu “Three Little Birds” yg disuguhkan hanya dgn guitar acoustic, kemudian “Jammin” dibawakan hanya dgn iringan percussion dan guitar acoustic. Juga ada “Small Axe” dgn intro suara anak-anak kecil yg sedang tertawa riang

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.